Apa itu Sindrom Metabolik?

09 November 2020 - 08:16 WIB

Apa itu sindrom metabolik?

Metabolic syndrome adalah sekelompok kondisi yang membuat seseorang lebih mungkin terkena penyakit jantung atau diabetes tipe 2.

Untuk memiliki sindrom metabolik, seseorang harus memiliki minimal 3 dari 5 kondisi berikut:

  • Obesitas dengan perut besar - Dokter menggunakan istilah "obesitas" untuk orang yang memiliki "indeks massa tubuh" atau "BMI" 30 atau lebih. Perut besar didasarkan pada ukuran pinggang. Definisi pastinya tergantung pada jenis kelamin dan latar belakang etnis Anda.
  • Peningkatan tekanan darah - Pengukuran tekanan darah memiliki 2 angka. Misalnya, dokter Anda mungkin mengatakan tekanan darah Anda "140 di atas 90". Angka teratas adalah tekanan di dalam arteri Anda saat jantung Anda berkontraksi. Angka terbawah adalah tekanan di dalam arteri Anda saat jantung Anda rileks. Anda mengalami peningkatan tekanan darah jika:
    • Angka teratas adalah 130 atau lebih tinggi
    • Angka terbawah adalah 85 atau lebih tinggi
    • Anda minum obat tekanan darah tinggi
  • Gula darah tinggi - Semua sel dalam tubuh Anda membutuhkan gula untuk bekerja secara normal. Gula masuk ke dalam sel dengan bantuan hormon yang disebut insulin. Jika insulin tidak cukup, atau jika tubuh berhenti merespons insulin, gula akan menumpuk di dalam darah. Anda memiliki gula darah tinggi jika gula darah Anda lebih dari atau sama dengan 100 mg / dL saat diuji setelah Anda tidak makan atau minum (kecuali air) selama 8 jam. Ini dikenal sebagai tes gula darah "puasa".
  • Trigliserida tinggi - Trigliserida adalah zat mirip lemak di dalam darah. Anda memiliki trigliserida tinggi jika trigliserida Anda lebih tinggi dari 150 mg / dL.
  • Kolesterol HDL rendah - HDL adalah "kolesterol baik". Itu karena memiliki tingkat HDL yang tinggi menurunkan risiko serangan jantung dan masalah kesehatan lainnya. Anda memiliki kolesterol HDL rendah jika HDL Anda kurang dari 40 mg / dL untuk laki-laki atau kurang dari 50 mg / dL untuk wanita.

 

Beberapa dokter tidak menganggap penting menggunakan istilah "sindrom metabolik" untuk kelompok kondisi ini, karena pengobatan sindrom metabolik tidak berbeda dengan pengobatan lainnya. Perawatan terbaik dan teraman untuk kondisi ini adalah menurunkan berat badan dengan makan lebih sedikit dan berolahraga lebih banyak. Menurunkan berat badan akan meningkatkan ukuran pinggang, kadar trigliserida, dan tekanan darah tinggi Anda.

 

Adakah tes untuk sindrom metabolik?

Ya. Sebagai bagian dari pemeriksaan, dokter atau perawat akan:

  • Ukur tekanan darah Anda.
  • Ukur tinggi dan berat badan Anda untuk menghitung BMI Anda.
  • Ukur bagian terlebar dari perut Anda dengan pita pengukur.

Anda juga akan mendapatkan tes darah untuk mengukur gula darah dan lipid darah Anda. "Lipid" adalah kata lain untuk lemak. Lipid darah termasuk trigliserida dan kolesterol.

 

Apakah sindrom metabolik dapat dicegah?

Anda dapat menurunkan kemungkinan terkena sindrom metabolik dengan:

  • Menurunkan berat badan jika Anda kelebihan berat badan
  • Makan banyak buah dan sayuran dan produk susu rendah lemak, tetapi tidak banyak daging atau makanan berlemak
  • Berjalan atau melakukan aktivitas fisik hampir setiap hari dalam seminggu, dan secara umum seaktif mungkin secara fisik
  • Berhenti merokok, jika Anda merokok

 

Bagaimana cara mengobati sindrom metabolik?

Tujuan pengobatan adalah untuk menurunkan risiko masalah seperti penyakit jantung dan diabetes. Ini biasanya melibatkan minum obat untuk mengobati kondisi yang Anda miliki yang membentuk sindrom metabolik. Anda selanjutnya dapat menurunkan risiko dengan melakukan perubahan seperti memperbaiki pola makan, lebih banyak berolahraga, dan menurunkan berat badan.

Perawatan meliputi:

  • Perubahan pola makan - Pola makan sehat yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan meliputi:
    • Diet Mediterania - Diet tinggi buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan minyak zaitun. Ini dapat membantu menurunkan berat badan, tekanan darah, dan gula darah, dan meningkatkan kadar lipid.
    • Diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) - Diet ini rendah garam dan lemak. Ini mencakup 4 hingga 5 porsi masing-masing buah dan sayuran dan 2 hingga 3 porsi produk susu rendah lemak per hari. Diet ini dapat menurunkan tekanan darah, berat badan, dan gula darah Anda, serta meningkatkan kadar lipid.
    • Diet tinggi serat - Meningkatkan serat makanan (setidaknya 30 gram setiap hari) dapat menurunkan tekanan darah dan berat badan. Serat biasanya ditemukan dalam kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan. Label nutrisi pada makanan kemasan dapat menunjukkan berapa banyak serat yang Anda dapatkan dalam setiap sajian.
  • Dokter menganjurkan agar orang-orang berolahraga setidaknya 30 menit sehari, pada 5 hari atau lebih dalam seminggu. Jika Anda tidak dapat berolahraga selama 30 menit setiap kali, cobalah berolahraga selama 10 menit setiap kali, 3 atau 4 kali sehari. Jalan cepat adalah pilihan yang bagus.
  • Dokter sering kali merekomendasikan obat-obatan untuk menurunkan tekanan darah, lemak darah, dan gula darah.

 

Sumber: Uptodate.