Cari Tahu Seputar Nutrisi Bagi Ibu Yang Menyusui

12 Agustus 2020 - 11:11 WIB

Apakah saya perlu makan lebih banyak saat menyusui?

Itu tergantung. Yang paling penting adalah makan makanan yang sehat. Jumlah kalori yang Anda butuhkan tergantung pada usia, berat badan, tinggi badan, dan seberapa aktif Anda. Menyusui dapat membantu Anda menurunkan berat badan setelah kehamilan jika Anda menyusui setidaknya selama 6 bulan.

 

Apakah saya perlu minum lebih banyak air saat menyusui?

Ya. Penting untuk memastikan minum cukup cairan saat Anda menyusui. Untuk memastikan bahwa Anda minum cukup, selalu minum ketika Anda merasa haus. Jika Anda memiliki mulut kering atau urin berwarna gelap, Anda mungkin perlu minum lebih banyak. Mungkin berguna untuk menyimpan air atau minuman non-kafein terdekat ketika Anda menyusui.

 

Apakah saya perlu mengonsumsi vitamin saat sedang menyusui?

Itu tergantung pada pola makan Anda yang biasa. Jika Anda makan daging dan ikan, Anda mungkin tidak perlu mengonsumsi vitamin harian. Tetapi jika Anda makan makanan vegan (tanpa daging, ayam, ikan, atau makanan olahan susu), Anda harus mengonsumsi vitamin harian yang mengandung vitamin B12.

Beberapa wanita perlu minum suplemen zat besi. Suplemen adalah pil, kapsul, cairan, atau tablet yang mengandung nutrisi. Dokter Anda mungkin akan meresepkan suplemen zat besi harian jika Anda memiliki kondisi yang disebut "anemia" setelah Anda melahirkan.

Penting juga untuk memastikan Anda mendapatkan cukup kalsium dan vitamin D setiap hari. Kalsium dan vitamin D membantu menjaga tulang Anda kuat. Makanan dan minuman yang berbeda memiliki kalsium dan vitamin D. Tetapi kebanyakan wanita tidak mendapatkan cukup melalui diet mereka sendiri. Jadi, kecuali Anda minum banyak susu (lebih dari 3 porsi sehari), Anda mungkin perlu minum suplemen juga.

 

Apakah ada makanan yang harus saya hindari saat menyusui?

Ya. Anda perlu menghindari jenis ikan tertentu saat menyusui. Itu karena beberapa jenis ikan mengandung banyak merkuri. Merkuri adalah zat yang dapat melewati ASI ke bayi. Ini dapat menyebabkan masalah dengan otak dan sistem saraf bayi. Ikan yang memiliki banyak merkuri meliputi:

  • Hiu
  • Ikan Todak
  • Raja Tenggiri

Jenis ikan dan makanan laut lainnya tidak memiliki banyak merkuri. Bahkan, ini sehat untuk Anda dan bayi Anda. Dokter merekomendasikan bahwa wanita yang menyusui makan ikan dan makanan laut jenis ini sekitar 2 kali seminggu. Contohnya seperti:

  • Udang
  • Salmon
  • Pollock
  • Lele

 

Apakah ada obat yang harus saya hindari saat menyusui?

Itu tergantung. Beritahu dokter Anda jika Anda minum obat. Ia dapat memastikan bahwa obat-obatan tersebut aman dikonsumsi saat menyusui. Beberapa obat-obatan dapat memengaruhi jumlah ASI yang dihasilkan oleh tubuh Anda. Sebaiknya berbicara dengan dokter Anda sebelum minum obat baru. Adapun, dokter akan merekomendasikan bahwa wanita yang menyusui dilarang menggunakan obat-obatan terlarang, yang berbahaya bagi bayi.

 

Bisakah saya minum kafein jika saya menyusui?

Beberapa kafein dapat melewati ASI Anda kepada bayi. Beberapa bayi bisa rewel atau sulit tidur dari kafein jika ibu minum lebih dari 3 cangkir kopi per hari.

 

Bisakah saya merokok jika saya menyusui?

Tidak, Anda harus menghindari merokok saat menyusui. Faktanya, semua ibu dari bayi yang baru lahir harus berhenti merokok. Itu karena bayi yang orang tuanya merokok dapat mengalami masalah pernapasan, infeksi paru-paru, atau infeksi telinga. Selain itu, merokok dapat mengurangi jumlah susu yang dihasilkan tubuh Anda.

Untuk mendapat informasi lebih lanjut seputar Ibu dan Anak, konsultasikan dengan dokter-dokter spesialis kami dari Women’s Health and Pediatric RS MMC.

 

Sumber: Uptodate.