Kejang Otot dan Cara Mengobatinya

18 Januari 2021 - 11:12 WIB

Apa itu kejang otot?

Atau dikenal sebagai kram otot, kejang terjadi ketika otot berkontraksi secara terus menerus dan tidak dapat relaks. Ini sangat umum dan dapat memengaruhi otot apa pun. Biasanya, mereka melibatkan sebagian atau seluruh otot, atau beberapa otot dalam satu kelompok. Tempat yang paling terjadinya kejang otot adalah di paha, betis, lengkungan kaki, tangan, lengan, perut, dan terkadang di sepanjang tulang rusuk. Saat terjadi di betis, terutama, kram seperti itu dikenal sebagai “charley horses.”

 

Kejang otot memiliki intensitas mulai dari kedutan ringan hingga nyeri parah. Otot kejang mungkin terasa lebih keras dari biasanya saat disentuh, dan / atau tampak terdistorsi. Ini mungkin menunjukkan tanda-tanda kedutan yang terlihat. Kejang biasanya berlangsung dari beberapa detik hingga 15 menit atau lebih, dan dapat berulang beberapa kali sebelum hilang.

 

Orang yang berisiko untuk mengalami kejang otot : 

Kejang otot bisa kapan dan pada siapa saja. Apakah Anda tua, muda, tidak aktif atau aktif, Anda dapat mengalami kejang otot. Itu bisa terjadi saat Anda berjalan, duduk, melakukan olahraga apa pun, atau bahkan tidur. Beberapa orang rentan mengalami kejang otot dan mengalaminya secara teratur dengan aktivitas fisik apa pun. Namun, mereka yang berisiko lebih besar mengalami kejang otot adalah bayi, orang tua (di atas 65 tahun), orang yang bekerja berlebihan saat berolahraga, mereka yang sakit, dan atlet.

 

Penyebab Kejang Otot : 

  • Peregangan yang tidak memadai sebelum melakukan aktivitas fisik.

  • Kelelahan otot.

  • Berolahraga dalam suhu panas.

  • Dehidrasi.

  • Ketidakseimbangan elektrolit dalam kalium, magnesium, dan kalsium.

 

Bagaimana cara mengobati kejang otot?

Pertama, berhenti melakukan apapun dapat menyebabkan kejang otot.

Kemudian :

  • Regangkan dan pijat otot spasmodik dengan lembut.

  • Tahan dalam posisi meregangkan sampai kejang berhenti.

  • Kompres dingin pada otot yang sakit / nyeri atau panas pada otot yang tegang / kencang.

 

Jika kejang otot parah, sering terjadi, respons yang buruk terhadap pengobatan, dan tidak terkait dengan penyebab yang jelas, buatlah janji dengan dokter Anda. Kejang bisa terkait dengan faktor yang mendasari.

 

Bagaimana cara mencegah kejang otot di masa mendatang?

  • Lakukan latihan fleksibilitas secara teratur sebelum dan sesudah Anda berolahraga.

  • Minum banyak cairan agar tetap terhidrasi.


 

Sumber:

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/15466-muscle-spasms/prevention