Olahraga di Saat Puasa

29 April 2020 - 09:56 WIB

Apakah kita tetap dapat berolahraga di bulan Ramadhan?
Secara umum di saat kita berpuasa atau tidak, tidak akan mengganggu aktivitas olahraga selama kita dapat menjaga agar kita tidak menjadi dehidrasi. Untuk itu ada beberapa trik yang dapat kita lakukan. Misalnya lakukanlah olahraga menjelang berbuka puasa, sehingga jika pada saat olahraga mengeluarkan keringat, sesudah berbuka puasa kita dapat mengganti cairan yang keluar.

Cara berikutnya adalah kita melakukan olahraga sesudah berbuka puasa. Namun ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan jika melakukan olahraga di malam hari, seperti:

  1. Berolahraga 2 jam setelah makan berat.
  2. Berhenti berolahraga 3 jam sebelum jam tidur kita.

Perhatikan dan atur jam olahraga kita, apakah ingin sebelum berbuka puasa atau sesudah berbuka puasa.

 

Olahraga apa yang baik dilakukan saat bulan Ramadhan?

  1. Stretching. Kita bisa melakukan stretching kapan saja sepanjang hari dari mulai pagi sampai malam, karena tidak akan mengeluarkan keringat yang banyak. Stretching yang menggerakkan otot-otot besar kita seperti tangan, kaki, otot badan bagian depan dan belakang.
  2. Aerobik. Namun perlu diperhatikan beberapa hal seperti yang disebutkan di atas, karena jika mengeluarkan keringat yang banyak, tubuh tidak bisa mentolerir kekurangan cairan yang terjadi akibat kita berolahraga. Untuk itu perhatikan saat olahraga Aerobik lakukan di udara yang sejuk, disarankan indoor atau jika di luar hindari dari terkena terik matahari langsung. Dan sebaiknya dilakukan sesaat sebelum berbuka puasa.

Jadi, jaga kesehatan selama bulan Ramadhan dengan mengatur pola makan yang baik dan tetap lakukan olahraga.

 

Sumber:

dr. Zaini K. Saragih, SpKO
Dokter Spesialis Kedoktean Olahraga