Pentingnya Asupan Nutrisi Ibu Hamil Ditengah Pandemik Covid-19

06 April 2020 - 09:12 WIB

Mengkonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang merupakan hal yang penting selama masa kehamilan, karena nutrisi merupakan faktor penting dalam tumbuh kembang janin didalam kandungan. Selain itu, kecukupan zat gizi terutama vitamin dan mineral juga sangat diperlukan dalam mempertahankan daya tahan tubuh yang optimal. Jika daya tahan tubuh seseorang tidak dalam keadaan optimal, seseorang akan rentan terinfeksi oleh virus. 

Lantas nutrisi apa saja yang dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mempertahankan daya tahan tubuh di tengah pandemik COVID-19 ini?

  • VITAMIN A

Vitamin A mempunyai peranan penting dalam pemeliharaan sel epitel. Sel epitel merupakan salah satu jaringan tubuh yang terlibat didalam fungsi imunitas non-spesifik. Imunitas non-spesifik melibatkan pertahanan fisik seperti kulit, selaput lender, silia saluran nafas. Sedangkan vitamin A sendiri terkandung dalam wortel, bayam kangkong dan cabai merah.

  • VITAMIN B6

Vitamin B6 sangat penting untuk mendukung reaksi biokimia didalam sistem kekebalan tubuh. Makanan seperti ikan tuna, hati ayam dan dan ikan salmon mengandung vitamin B6. Selain itu vitamin B6 juga ditemukan dalam sayuran hijau.

  • VITAMIN B12

Produk-produk yang berasal dari hewani seperti susu, telur dan daging unggas mengandung B12 yang penting bagi ibu hamil. Vitamin B12 selama masa kehamilan karena menjaga kesehatan saraf tubuh dan juga membantu pembentukan DNA serta sel-sel darah.

  • VITAMIN C

Vitamin C dikenal sebagai antioksidan yang membantu yang menetralisir radikal bebas. Selain dapat mempertahankan daya tahan tubuh ibu hamil, vitamin C juga bermanfaat untuk membantu penyerapan zat besi dari makanan. Per 100 gram buah kiwi memiliki kandungan vitamin C tertinggi yaitu sebesar 92,7 mg, disusul oleh jambu biji (87 mg) dan papaya sebanyak 78 mg.

  • VITAMIN D

Berjemur dibawah sinar matahari pentng agar tubuh memproduksi vitamin D. Sebab sinar matahari pagi menghasilkan sinar ultraviolet (UV) yang menyentuh permukaan kulit untuk diubah tubuh menjadi vitamin D. Selain itu vitamin D juga memiliki salah satu manfaat seperti menjaga imunitas disaat wabah COVID-19 ini. Namun perlu diperhatikan juga, kadar vitamin D yang berlebihan juga dapat menurunkan daya tahan tubuh. Sebaiknya Anda berjemur direntang jam 9 sampai 10 pagi selama 15-25 menit. Atau Anda dapat mengkonsumsi makanan seperti kuning telur, salmon atau susu sapi.

  • VITAMIN E

Vitamin E merupakan vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin ini banyak terdapat dalam membrane eritrosit dan lipoprotein plasma. Kekurangan vitamin E umumnya menyerang sistem syaraf, otot, pembuluh darah dan juga reproduksi. Vitamin E banyak ditemukan pada kacang almond, minyak zaitun, dan juga biji bunga matahari.

  • ASAM LEMAK OMEGA-3 (EPA & DHA)

Omega 3 adalah salah satu jenis asam lemak yang sangat dibutuhkan ibu hamil. karena pada omega 3 mengadung DHA (docosahexaenoic acid) dan juga EPA (eicosapentaenoic acid). Asam lemak omega 3 khususnya DHA telah diketahui sangat besar peranannnya dalam perkembangan otak. Sedangkan EPA berfungsi membantu fungsi saraf dan sinyal otak dan mengatur suasana hati. Selain itu, EPA dan DHA mengurangi risiko peradangan dan membantu mempertahankan sistem kekebalan tubuh. Asam lemak omega 3 banyak ditemukan pada ikan makarel/kembung.

  • ZAT BESI

Zat besi memiliki banyak fungsi untuk kesehatan ibu dan janin dalam masa kehamilan. Terutama mencegah anemia defisiensi besi yang bisa berakibat fatal pada janin. Makanan seperti kerrang, bayam dan juga hati ayam mengadung sumber besi yang dibutuhkan ibu hamil.

Berikut macam-macam nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil ditengah pandemik COVID-19 ini. Selain itu konsumsilah aneka ragam makanan yang sesuai dengan pedoman gizi seimbang. Jaga kebersihan tubuh serta rajin memcuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir selama 20 detik juga tidak kalah penting untuk mengindari penyebaran virus ini.