Pola Makan Sehat Selama Puasa

29 April 2020 - 14:22 WIB

Bagaimana pola makan yang sehat selama bulan Ramadhan?
Saat memasuki bulan Ramadhan sebaiknya dipersiapkan agar fisik dan mental siap menjalankan ibadah dengan baik. Bulan Ramadhan menjadi momen yang baik karena tubuh secara alami mengalami detoksifikasi untuk membuang racun-racun dalam tubuh. Karena itu pola makan sehat tetap harus menjadi perhatian dan diterapkan selama bulan Ramadhan. Tidak ada perubahan kebutuhan nutrisi selama berpuasa, tetapi yang berubah hanyalah waktu makan.

Hal apa yang harus diperhatikan pada saat sahur?

  • Saat sahur makan lengkap seimbang antara karbohidrat, protein dan lemak. Hindari terlalu banyak menu dalam bentuk goreng karena mudah menimbulkan rasa haus. Nasi merah sebagai sumber karbohidrat kompleks boleh dijadikan pilihan untuk menjaga kadar gula dan memberikan efek kenyang. Buah dalam bentuk potong (bukan jus) bisa ditambahkan sebelum waktu imsyak.
  • Karbohidrat yang terkandung dalam buah akan diserap secara perlahan-lahan oleh tubuh sehingga menstabilkan kadar gula darah sepanjang hari.
  • Minum air putih yang cukup, kurang lebih gelas, dapat juga ditambahkan cairan elektrolit seperti air kelapa untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang selama berpuasa.
  • Hindari konsumsi terlalu banyak gula, garam dan kafein karena bersifat menarik air dan mempercepat pembentukan urine.

Hal apa yang harus diperhatikan pada saat berbuka?
Saat berbuka setelah perut dalam keadaan kosong selama lebih dari 12 jam, maka ketika tiba waktu berbuka sebaiknya sedikit berhati-hati. Jangan langsung makan besar agar lambung tidak kaget.

  • Mulai dengan minum atau makan makanan yang manis alami, seperti jus buah-buahan yang mengandung banyak air, misalnya jus melon, semangka atau papaya. Bisa juga dengan air kelapa, kurma atau dengan pisang yang mengandung banyak magnesium. Hindari minuman yang terlalu dingin.
  • Makan besar bisa dikonsumsi setelah shalat maghrib. Tetap pertahankan menu seimbang, cukup karbohidrat kompleks, protein, lemak, vitamin dan mineral. Jangan makan berlebihan agar tetap bisa melakukan kegiatan ibadah dengan baik.
  • Pertahankan asupan cairan yang masuk dalam bentuk air putih, jus buah, atau cairan elektrolik kurang lebih 4-5 gelas.

Semoga dengan tetap menjaga makan yang baik Anda tetap sehat selama bulan Ramadhan.

 

Farida Ayuningtyas
Unit Gizi Medik